22 April 2020 08:41:16
Ditulis oleh Admin

Ingin Dapat BLT Covid-19 dari Dana Desa? Ini Caranya !!

(sendang-senori.desa.id)
Sendang- Setelah memberikan listrik gratis, dalam upaya penanggulangan masalah ekonomi akibat covid 19 atau virus corona, Presiden Joko Widodo memutuskan, pemerintah pusat akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp 600.000 per bulan selama tiga bulan bagi keluarga miskin. Bantuan ini diberikan sebagai upaya meminimalisasi dampak pandemi virus corona Covid-19.

Penanganan Covid-19 dampaknya ini tentu saja juga menjadi perhatian serius Pemerintah Desa Sendang.Sekretaris Desa Sendang, Abdul Matin menjelaskan program BLT corona ini tidak akan diberikan kepada seluruh masyarakat. Namun BLT ini akan diberikan warga masyarakat yang tercatat di dalam data terpadu milik Kemensos. Selain menggunakan data Kemensos, Kemensos juga akan melibatkan Pemerintah daerah melalui Dinas Sosial setempat untuk meminta data tambahan.
Selain itu, penerima BLT corona  ini harus  yang belum pernah menerima bantuan sosial lainnya seperti PKH, BPNT (bantuan pangan non tunai) maupun kartu pra kerja.


Berikut syarat-syarat yang diperbolehkan mendapatkan BLT Covid 19 selama 3 bulan ini :
1. Warga yang akan mendapatkan BLT adalah mereka yang tercatat dalam data terpadu kementerian sosial (Kemensos).
2. BLT ini diberikan kepada keluarga kategori Miskin dengan persyaratan tertentu.
3. Penerima BLT diberikan kepada keluarga yang belum menerima bansos lain, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Kartu Pra Kerja.

Dengan Perhitungan 30 persen dari Dana Desa, maka tiap masing-masing nantinya akan ada sekitar Rp. 250.000.000,- s.d 300,000.000, yang akan dipergunakan sebagai BLT. dengan nominal Bantuan sebesar Rp. 600.000,-/Bulan selama 3 bulan maka rata-rata dalam 1 Desa ada sekitar 148 KK yang mendapatkan bantuan ini.

Disinggung mengenai waktu pelaksanaan Pembagian BLT ini, Pria dua orang anak ini memaparkan bahwa hari ini Rabu (22/04/2020) Pihak Desa baru akan diundang oleh Kecamatan terkait Koordinasi Persiapan dan pembahasan Juknis Pelaksanaannya. secepatnya nanti akan dipublikasikan hal-hal yang perlu untuk diketahui masyarakat terkait BLT ini.
(pip/ruq)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus