06 September 2019 19:40:36
Ditulis oleh Admin

Hadapi kekurangan air bersih, Pemerintah Desa Sendang gandeng BPBD Kabupaten Tuban

Sendang (6/09) Pemerintah Desa Sendang bekerjasama dengan BPBD Kab Tuban melakukan kegiatan Dropping Air Bersih di wilayah terdampak kekeringan  di Desa Sendang Kecamatan Senori khususnya lingkungan Karanganyar kulon Dusun Sendang.

"Bantuan Air bersih kali ini ada  3 truk tangki untuk Desa Sendang", ujar Aji Petugas BPBD Kabupaten Tuban. Selain bantuan Air Bersih, Pemerintah Desa Sendang juga memberikan Bantuan Terpal untuk penampungan air warga sebelum didistribusikan ke warga.

Mashuri, warga setempat mengemukakan bahwa mereka terbantu dengan adanya kegiatan ini "warga desa setempat sangat terbantu dengan bantuan dari BPBD ini, dengan bantuan ini sedikit banyak mengurangi kurangnya air bersih di daerah tersebut". Ujarnya.

Abdul Matin, Sekretaris Desa setempat juga berharap ada perbaikan dalam pengelolaan air bersih di Desa sehingga masalah krisis air bersih ini bisa selesai secara bertahap "Memang memprihatinkan Desa dengan nama Sendang yang berarti Sumber Mata Air sampai terdampak kekeringan. Tentu saja ini adalah PR besar bagi kami. Pemerintah desa sedang menggagas program normalisasi HIPPAM. termasuk pipanisasi hingga ke warga dan dalam proses pengajuan kepada Dinas PUPR Kabupaten Tuban.
Harapannya nanti permasalahan kekurangan air di beberapa wilayah di desa ini bisa teratasi" Terang Pria dua anak ini.

Dengan adannya bantuan ini diharapkan sedikit banyak mengurangi kekurangan air bersih akibat dari kekeringan yang berkepanjangan.

Selain itu, ancaman gagal panen bagi wilayah-wilayah pertanian tadah hujan semakin tinggi. Kolaborasi Pemdes dengan BPBD sebagai lembaga kemanusiaan, akan terus berlangsung yaitu dengan memberikan update ke tim BPBD terkait hasil monitor dan peringatan dini terkait wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami kekeringan, ungkapnya.

kegiatan ini terealisasi dari kerja sama pemerintah Desa Sendang dan BPBD Kabupaten Tuban, yang diharapkan mengurangi beban masyarakat karanganyar terhadap kurangnya air bersih di daerah tersebut. (far/iq)


Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus